Monday, October 14, 2013

Semangat Tak Terpatahkan Jepang

 

Begitu mendengar kata Jepang, yang langsung terlintas di benak saya adalah semangat pantang menyerah, yang menurut pandangan saya tidak pernah ada kata menyerah(give up) dalam kamus orang Jepang. Dengan demikian wajarlah Jepang menjadi Negara nomor 1 di Asia bahkan suatu hari nanti mungkin di dunia. Sebab, perusahaan elektronik dan otomotif Jepang kini dapat dikatakan merajai dunia. Sangat mengagumkan bahwa Negara kecil seperti Jepang mampu mendirikan pabrik – pabrik kendaraan dan elektronik di negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya. Siapa yang tak kenal produk Jepang dengan merk Toshiba, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Daihatsu, Toyota, Yamaha, Kawasaki, atau Sanyo? Orang Jepang juga sangat kreatif dan high-tech sehingga banyak film dan game keluaran Jepang berupa anime beredar luas. Tentu kata Naruto, Inuyasha, Bleach, Conan, dan Final Fantasy sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang.
Saya sangat salut dengan pendirian orang Jepang yang seperti itu. Sepertinya di Jepang tidak ada orang yang tidak sukses. Meski sering dilanda bencana alam terutama gempa bumi dan tsunami, nyatanya pamor Jepang tidak mudah pudar. Misalnya setelah dilanda tsunami dahsyat tahun 2011 yang menewaskan ribuan warga serta merusak berbagai fasilitas umum, pembangkit tenaga listrik, dan pabrik di Jepang, nyatanya dalam kurun waktu kurang dari setahun, Jepang mampu bangkit dari keterpurukan dengan meningkatkan ekspor produk Jepang yang sempat turun tajam. Jepang tak butuh waktu lama untuk kembali berjaya. Orang - orang Jepang memiliki semangat bertahan hidup yang tinggi. Bahkan orang – orang yang sudah pensiun tidak pernah hanya tinggal diam. Yang ada di benak mereka adalah 'otak selalu aktif' dan 'untuk menikmati hidup'.
Dengan kemashuran Jepang melalui produk - produknya di berbagai belahan dunia, budaya Jepang pun ikut terkenal. Bahasa dan budaya Jepang kini dipelajari di banyak negara. Banyak universitas terkenal di dunia yang telah membuka jurusan Bahasa Jepang. Selain itu budaya Jepang seperti pakaian dan makanan juga menjamur. Pakaian adat Jepang seperti kimono sering dipamerkan dan dikonteskan sementara restoran makanan Jepang juga beredar dimana-mana. Semua itu berawal dari semangat hidup yang tak terpatahkan, dimana orang Jepang menyebutnya 'Ganbatte' yang maknanya persis sama dengan 'fighting'. Itulah hal yang sangat saya kagumi dari Jepang.

No comments:

Post a Comment